MODUL PRAKTIKUM BAHASA PEMROGRAMAN IV (JAVA)


LINGKUNGAN PEMROGRAMAN JAVA

Tujuan :

1. Memahami Software yang Dibutuhkan untuk Memprogram Java
2. Memahami Cara Membuat Project
3. Memahami Cara Kerja Sederhana untuk JLabel, JTextField, dan JButton

1.1 SOFTWARE YANG DIBUTUHKAN

Pemrograman desktop berbasis database dengan Java membutuhkan software-software:
1. JDK (Java Development Kit)
Software ini harus diinstal pertama kali. Di dalamnya terdapat Java Runtime Environment (JRE) untuk menerjemahkan file .java menjadi kode yang dipahami oleh komputer.
2. IDE (Integrated Development Environment)
Banyak terdapat IDE untuk Java. Di antara yang terkenal dan gratis adalah Eclipse dan Netbeans. Praktikum kita menggunakan Netbeans.
3. DBMS (DataBase Management System)
DBMS yang digunakan bisa berupa Microsoft Access atau MySQL.
4. Connector ke DBMS
Jika yang digunakan adalah DBMS MySQL, dibutuhkan Connector ke MySQL. Ada 2 jenis connector:
a. Connector dalam bentuk file jar.
File ini yang akan dimasukkan ke dalam library project pada Netbeans.
b. Connector dalam bentuk instalasi executable (ODBC Connector).
File ini diinstal terlebih dahulu, kemudian akan bisa digunakan pada saat menggunakan ODBC. Contoh: File bernama mysql-connector-odbc-3.51.12-win32
1.2 BERKENALAN DENGAN NETBEANS
Netbeans yang digunakan dalam praktikum ini adalah Netbeans 6.0.1. Secara umum, tidak ada perbedaan mendasar dengan versi-versi lain sebelum atau setelahnya.

1.2.1 Menjalankan Netbea


Gambar 1.1
Start Program Netbeans


Tampilan awal splash screen


Gambar 1.2
Splash Screen Netbeans

1.2.2 Area Netbeans


Gambar 1.3
Area Netbeans

Netbeans memiliki area utama dalam 3 bagian:
1. Bagian Kiri : Area Project, Navigator dan File
Bagian ini akan berisi navigasi file-file Java yang akan dirancang.
2. Bagian Tengah
Bagian ini adalah bagian perancangan JFrame (form).
3. Bagian Kanan
Bagian ini adalah bagian Palette dan Properties. Palette berisi object-object yang akan diletakkan pada JFrame, sedangkan Properties berisi tempat setting nilai untuk tiap object tersebut.
4. Bagian Bawah
Berupa Output program. Pesan kesalahan atau keberhasilan kompilasi ditunjukkan pada bagian ini.
Java memiliki banyak window, bisa diaktifkan atau dinonaktifkan melalui menu Window


Gambar 1.4
Menu Window

1.2.3 Memulai Contoh Project

Berikut kita akan membuat project pertama, membuat program yang sangat sederhana. Project ini akan terdiri dari 1 JFrame, dan 3 object : JLabel, JTextField, dan JButton. Aplikasi yang dirancang adalah menampilkan pesan : Selamat Mulai Belajar Java. Pesan tersebut ditampilkan di JTextField, setelah tombol JButton ditekan.

Langkah-langkahnya adalah :

1. Pilih File > New Project


Gambar 1.5
Pilihan File> New Project

selanjutnya akan tampil jendela New Project


Gambar 1.6
Jendela New Project

tekan tombol Next. Isikan pada Project Name : ProjPertama. Arahkan file penyimpanan dengan menekan tombol Browse di samping Project Location. Silakan arahkan pada direktori dan folder yang dituju. Hilangkan tanda centang pada Set as Main Project dan Create Main Class.


Gambar 1.7
Jendela Name dan Location

tekan tombol Finish, sehingga Project baru sudah tercipta. Nampak di bagian kiri pada bagian Project telah ada ProjPertama


Gambar 1.8
Project baru ProjPertama tercipta

2. Klik kanan, pada ProjPertama kemudian pilih New > JFrame Form


Gambar 1.9
Pembuatan JFrame Form baru

muncul tampilan jendela baru Name and Location. Isikan pada Class Name : TampilanSelamat. Isian Class Name tidak boleh ada spasi atau diawali dengan angka.


Name and Location New JFrame

Klik tombol Finish. Muncul tampilan desain form (JFrame). Ada 2 tab: Source dan Design. Source untuk menampilkan Coding, sedangkan Design menampilkan desain form.


Gambar 1.11
Desain Form Awal

3. Pada Palette (di sebelah kanan) bagian Swing Controls, pilihlah JLabel, kemudian letakkan pada JFrame (form).


Gambar 1.12
Label pada Swing Controls


Gambar 1.13
Meletakkan JLabel pada JFrame

4. Ubahlah tulisan pada JLabel dengan cara: klik kanan pada JLabel > Edit Text. Ganti tulisannya menjadi Tampilan Pesan
5. Pilihlah JTextField pada Palette> Swing Controls, dan letakkan pada JFrame:

Gambar 1.14 Meletakkan JTextField pada JFrame

6. Ubahlah variable name pada JTextField tersebut dengan cara: klik kanan pada TextField, kemudian pilih Change Variable Name menjadi : txt_pesan.
7. Kosongkan tulisan yang tertera pada JTextField, dengan cara : klik kanan > Edit Text. Hapus teksnya. JTextField akan mengecil, atur kembali sesuai lebar yang diinginkan.
8. Letakkan JButton ke dalam JFrame:



Gambar 1.15
Meletakkan JButton pada JFrame

4. Ubahlah tulisan pada JLabel dengan cara: klik kanan pada JLabel > Edit Text. Ganti tulisannya menjadi Tampilan Pesan
5. Pilihlah JTextField pada Palette> Swing Controls, dan letakkan pada JFrame:

Gambar 1.14 Meletakkan JTextField pada JFrame

6. Ubahlah variable name pada JTextField tersebut dengan cara: klik kanan pada TextField, kemudian pilih Change Variable Name menjadi : txt_pesan.
7. Kosongkan tulisan yang tertera pada JTextField, dengan cara : klik kanan > Edit Text. Hapus teksnya. JTextField akan mengecil, atur kembali sesuai lebar yang diinginkan.
8. Letakkan JButton ke dalam JFrame:



Gambar 1.15
Meletakkan JButton pada JFrame
9. Ubahlah tulisan pada JButton menjadi : Tampilkan Pesan. Dengan cara: klik kanan pada JButton > Edit 


Gambar 1.16
Desain Form Lengkap

10. Buatlah Event pada JButton dengan cara: klik kanan pada JButton > Events > Action > actionPerformed


Akan dihasilkan code baru : 

private void Button1ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt)
 {

           // TODO add your handling code here: 

}

11. Isilah Kode berikut :

 txt_pesan.setText("Selamat Mulai Belajar Java");

sehingga keseluruhan kode untuk tombol itu adalah:

 private void Button1ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {

 txt_pesan.setText(“Selamat Mulai Belajar Java”);

 }


12. Jalankan program dengan perintah: Shift + F6